LATIHAN CONTOH SOAL LITERASI (5) UNTUK ASESMENT NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK)

Wacana 1
Suatu hari, Raja Sumenep mengadakan peninjauan ke sebuah desa. Raja Sumenep melihat
seorang petani yang sedang menaiki sebuah bajak yang ditarik oleh sapi di sawah. Ia pun
tertarik dan mencobanya. Menurutnya, membajak sawah menyenangkan, tetapi ia perlu belajar
lagi cara mengendalikan kecepatan sapi.
Dari kejadian itu, Ia mendapat ide untuk membuat sebuah atraksi dengan memanfaatkan
sistem bajak sawah tersebut. Ia pun memikirkan bagaimana cara agar sepasang sapi itu dapat
berlari dengan cepat. Raja memberi saran untuk mengganti alat bajak dengan pijakan kayu
yang dapat dinaiki oleh pengendara.
Setelah ide itu diwujudkan, Raja Sumenep pun mencobanya lagi. Ternyata, menjadi sebuah
pertunjukan yang sangat menyenangkan. Bahkan prajurit pun menyukainya. Ide atraksi
tersebut diberi nama Karapan Sapi.
Akhirnya, Sri Baginda Raja Sumenep mengumpulkan penduduk dan para pengawalnya. “Kita
tidak harus bekerja di tanah garapan terus menerus. Kita juga perlu hiburan. Setelah semua
pekerjaan selesai, tak ada salahnya melakukan permainan karapan sapi. Kata Raja Sumenep”
Raja Sumenep pun mengadakan sayembara bagi siapa saja yang percaya diri, berani, dan
handal dalam mengendalikan karapan sapi akan diberi hadiah. Masyarakat yang enggan
menggunakan alat bajak karena melelahkan, menjadi bersemangat dan berlatih dengan sangat
keras untuk mengikuti sayembara dari Sang Raja.

Soal 3.
Jika kamu memiliki kesempatan untuk menjadi pengendara karapan sapi, apa y
ang perlu kamu persiapkan agar bisa menjadi pemenang?

..................................................................................................................................

..................................................................................................................................




Begitulah akhirnya Karapan Sapi tercipta dan dikenal hingga menjadi wisata budaya
kebanggaan masyarakat Madura.