MATEMATIKA MENJADI MOMOK BAGI SISWA

Kota Bima - Sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan, menjadi salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika. Hal ini, mengakibatkan banyak siswa yang kurang menyukai pelajaran matematika. Atau bahkan menganggap bahwa pelajaran matematika adalah momok yang harus dihindari. Permasalahan kesulitan belajar matematika dipengaruhi faktor internal dari siswa dan faktor eksternal dari guru atau lingkungan sekolah. Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa meliputi, lingkungan keluarga, strategi pembelajaran, lingkungan sekolah. Sedangkan faktor internal meliputi minat belajar siswa, motivasi siswa, kebiasaan pola belajar siswa.

Dua faktor yang paling berpengaruh yaitu faktor eskternal dari guru dan metode pembelajaran yang digunakan.

Mengapa demikian? Karena siswa akan senang dan tidak bosan jika guru mengajar dengan menarik dan menyenangkan serta metode pembelajaran yang digunakan disenangi oleh siswa.

Guru yang menyenangkan dalam pembelajaran lebih mudah mendapatkan hati para siswa, karena guru yang seperti itu banyak disukai siswa. Sehingga hal tersebut dapat membuat proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan menyenangkan serta minat belajar siswa akan meningkat dan hasil belajar akan memuaskan.

Metode pembelajaran juga berpengaruh besar terhadap masalah kesulitan belajar yang dialami siswa. Guru yang menggunakan metode pembelajaran yang salah akan mempengaruhi minat belajar siswa, sehingga siswa kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran.
Setiap permasalahan pasti ada cara untuk menyelesaikannya. Ada beberapa upaya penyelesaian yang dapat dilalukan oleh guru untuk menyelesaikan permasalahan kesulitan belajar matematika yang dialami oleh mayoritas siswa.

Cara pertama yaitu buat perspektif positif tentang matematika. Guru bisa membangun perspektif yang positif tentang mata pelajaran matematika bahwa matematika tidaklah seburuk yang mereka pikirkan, banyak manfaat bisa diperoleh jika mahir matematika.

Cara yang kedua adalah buat suasana belajar yang menyenangkan.Mulai dari membuat suasana menyenangkan sehingga proses belajar ada kenyamanan serta lengkapi dengan media belajar yang memadai dan disukai oleh anak, seperti dilengkapi alat-alat sederhana dan menarik sehingga siswa merasa senang dan mudah memahami materi.

Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dipengaruhi beberapa faktor antara lain faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, strategi pembelajaran, lingkungan sekolah dan faktor internal meliputi minat belajar siswa, motivasi siswa, kebiasaan pola belajar siswa.

Sumber : Melintas.ID